Senin, 10 Mei 2010

PERILAKU TERPUJI TAWADUK, TAAT,QONA’AH DAN SABAR

PENGERTIAN TAWADUK
Tawaduk artinya adalah rendah hati. Kerendahan hatinya diwujudkan dalam ucapan, sikap dan tindakan. Tawaduk adalah salah satu perbuatan yang sangat terpuji. Allah sangat mengahargai sikap rendah hati dan sangat membenci sikap sombong, karena sikap sombong hanya akan mendatangkan Kebencian dan kerusakan.
PENGERTIAN TA’AT
Taat sering di samakan artinya denagn patuh dan tunduk. Dengan demikian “taat” artinya adalah patuh & tunduk terhadap perintah atau larangan seseorang atau peraturan yang berlaku. Taat lebih berkaitan dengan sikap dan tindakan seseorang dalam mentaati peraturan secara suka rela tanpa ada perasaan terpaksa, sehingga dalam menaati dan melakukan peraturan tersebut didasarkan pada rasa patuh dan tunduk terhadap peraturan yang berlaku.
PENGERTIAN QONA’AH
Qona’ah adalah sikap rela menerima dan merasa cukup atas hasil yang diusahakannya serta menjauhkan diri dari rasa tidak puas dan perasaan kurang. Qonaah bukan berarti masa bodoh dan bermalas-malasan dalam hidup serta tidak mau berusaha untuk meningkatkan kesejahteraan hidup. Sebenarnya, orang berjiwa qonaah selalu giat bekerja dan berusaha sekuat tenaga , tetapi jika usahanya tidak sesuai dengan rasa syukur kepada Allah swt. Sikap yang demikian itu akan mendatangkan rasa tentram dalam hidup dan menjauhkan diri dari sifat serakah dan tamak.
PENGERTIAN SABAR
Sabar bisa diartikan tahan uji, tahan menderita, tabah, ulet, tekun, tidak mudah putus asa, maksimal untuk menyelesaiakan masaalh guna meraih keberhasilan. Sabar tidak sama dengan pasrah. Perbedaannya adalah dalam melakukan usaha. Pasrah adalah sifat menyerah terhadap keadaan tanpa melakukan usaha.

1 komentar: